BPN: Pilot Support to Prabowo Is Personal, Not on behalf of IPI

Go fakta. Jakarta - Beredar video viral dengan keterangan 'Prabowo bersama barisan penerbang pilot Indonesia', kemudian dibantah oleh Ikatan Pilot Indonesia (IPI) yang mengatakan organisasinya bersikap netral. Menurut BPN Prabowo-Sandiaga, dukungan para pilot ke Prabowo itu bersifat pribadi.

"Pertama, itu kan yang datang ke Pak Prabowo tak mengatasnamakan IPI, atas nama pribadi-pribadi pilot. Banyak pilot Indonesia, ratusan kali kalau digambar datang memberikan dukungan kepada Prabowo dan Sandi dan tidak mengatasnamakan organisasi IPI. Lalu masalahnya di mana dong? " kata juru bicara BPN Prabowo-Sandi, Andre Rosiade, saat dihubungi, Kamis (3/1/2019).


Andre mengatakan, setiap pilot memiliki hak politik masing-masing untuk mendukung salah satu capres. Karena itu, menurutnya wajar saja ada beberapa pilot menyatakan dukungannya pada Prabowo-Sandi.

"Kan nggak ada masalah dong kalau para pribadi-pribadi pilot di Indonesia menyatakan dukungan kepada Prabowo-Sandi, kan nggak mengatasnamakan IPI, lalu masalahnya di mana? Kan hak setiap pilot boleh dong punya hak menyatakan dukungan secara pribadi, kan tidak mengatasnamakan IPI. Saya rasa wajar saja di zaman demokrasi ini," ungkapnya.

Sementara itu dihubungi secara terpisah, Juru Debat BPN Prabowo-Sandi, Sodik Mujahid menyambut baik dukungan para pilot pada Prabowo-Sandiaga. Menurutnya dukungan pada Prabowo-Sandi semakin bertambah dari kalangan menengah dan kelas terpelajar seperti pilot.

"Salut kepada pilot-pilot yang sudah menunjukan objektivitas, kecerdasan, dan kejujurannya dengan menyatakan keberpihakan dan dukungan kepada Prabowo," ujar Sodik.

Sodik berpendapat banyak organisasi yang tak menentukan sikapnya terkait dukungan terhadap capres tertentu adalah wajar, karena tiap individu punya hak memilih. "Setuju dengan Ketua IPI bahwa apa yang dikatakan pilot-pilot tadi tidak bertentangan dengan aturan organisasi IPI," ujar Sodik.

Sebelumnya diberitakan, Ketua Umum Ikatan Pilot Indonesia (IPI) Rama Noya menegaskan organisasinya netral dalam Pilpres 2019. Hal itu disampaikan Rama untuk menyikapi beredarnya video dengan keterangan 'Prabowo bersama barisan penerbang pilot Indonesia'.

"Menegaskan bahwa Ikatan Pilot Indonesia adalah organisasi profesi pilot yang profesional dan tidak terlibat dalam politik praktis," ujar Rama, saat jumpa pers, di gedung Graha Dirgantara, Jl Raya Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (2/1).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sandiaga Cipali Toll Road: No Debt Does Not Use the State Budget

Inspector General of Remigius Sigid Official Official of North Sulawesi Regional Police

KPU about the Koran Reading Test: Not Nomination Requirements